Wisata Dolok Sanggul

No Comments
WISATA DOLOK SANGGUL

Wisata Dolok Sanggul – Dolok Sanggul adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Indonesia. Dolok Sanggul merupakan ibu kota Kabupaten Humbang Hasundutan. Dengan Luas Wilayah daratan: 2.502, 71 Km2 terdiri dari 10 Kecamatan, 1 Kelurahan dan 143 Desa. Mempunyai banyak masyarakat 171.687 Jiwa yang terdiri dari 85.274 jiwa dan 86.413 perempuan.

Kota ini terletak di dataran tinggi berhawa dingin sejuk. Dolok Sanggul juga menjadi sentra perekonomian dan perdagangan di Kabupaten Humbang Hasundutan. Juga menjadi pusat keaktifan keagamaan Kristen, terutama gereja HKBP Distrik III Humbang.

Salah satu makanan khas Dolok Sanggul adalah daging kuda. Masyarakat Doloksanggul ramah-ramah, organisasi sangatlah penting dalam kehidupan masyarakat Doloksanggul, Doloksanggul penuh dengan gereja, dan rata-rata masyarakat memeluk agama Kristen.

Marga yang mayoritas di Doloksanggul adalah Lumban Gaol, Lumban Raja, Marbun, Nababan, Sianturi, Sihite, Sihotang, Sihombing, Situmorang. Doloksanggul bisa disebutkan kota dengan perkembangan sangat cepat dibanding kabupaten lain yang sama dimekarkan. Masyarakat Doloksanggul banyakan bertani dan sedang sangat kental norma budaya batak yang sedang nampak di tiap sudut kehidupan masyarakat.

Wisata Dolok Sanggul

WISATA Wisata di Kota Doloksanggul, di Kecamatan Baktiraja karena memang pinggiran danau toba dan masyarakat kota berwisata ke Bakkara yang dimana memang asal pahlawan nasional Batak yaitu Sisingamangaraja XII dan istana mungilnya. Jika dikembangkan wisata BAKKARA sangatlah menarik dimana mempunyai cairan terjun dan pemandangan yang sangat mengagumkan karena mempunyai pulau kecil yaitu pulau Simamora.

Danau Toba merupakan salah satu destinasi terpopuler di Indonesia, khususnya di Medan, Sumatera Utara. Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara. Danau Toba sebenarnya lebih mirip laut daripada danau mengingat ukurannya. Oleh karena itu, Danau tersebut ditempatkan sebagai danau terluas di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Danau Toba juga termasuk danau terdalam di dunia, yaitu kurang lebih 450 meter. Itu karena alam yang sempurna dan air yang masih asli akan memuaskan semua pengunjung.

Danau Toba adalah salah satu tempat terindah di dunia. Ini adalah danau kawah yang begitu besar sehingga merupakan danau terbesar di danau Toba update 5 Asia Tenggara. Danau ini berada 900 meter di atas permukaan laut. Inti dari Sumatera Utara, iklim Danau Toba yang kuat dan panorama yang luar biasa menjernihkan pikiran dan menenangkan jiwa. Selama beberapa dekade menjadi magnet dari pengunjung regional dan asing, Toba telah berkembang menjadi resor dataran tinggi berfitur lengkap sambil mempertahankan pesona pedesaan dan suasana santai yang menentukan daya tarik Toba. Drama kelahiran dahsyat itu terus berlangsung di tebing setinggi 500 meter yang jatuh ke perairan biru kehijauan, dikelilingi lereng curam berlapis pinus, iklimnya segar dan menyenangkan, dengan curah hujan yang cukup untuk menunjang rimbunnya vegetasi.

Tempat Wisata Dolok Sanggul

Tempat Wisata di Kabupaten Humbahas yang Harus Dikunjungi. Ada banyak destinasi wisata yang bisa kita kunjungi Dolok Sanggul ibukota Kabupaten Humbang Hasundutan di Toba selatan adalah kota kecil yang patut Anda jelajahi. Daftar Tempat Wisata di Humbang Hasundutan Dolok Sanggul Dari sejumlah tempat wisata yang ada di Hasundutan min seleksi menjadi sepuluh terbesar saja.

Tempat ini adalah tempat yang sangat bersejarah bagi masyarakat danau Toba karena merupakan tempat lahirnya Raja Sisingamangaraja. Sementara itu dari akomodasi menuju tempat wisata alam Air Terjun Janji Anda membutuhkan waktu tempuh 34 menit menggunakan kendaraan bermotor. Adapun soal keindahan oooh siap diadu tuh.

Wisata Baru Dolok Sanggul

Dolok Sanggul Punya beberapa tempat makan Terbaik Dolok Sanggul terletak di Kab. Dolok Sanggul ibukota Kabupaten Humbang Hasundutan di Toba selatan adalah kota kecil yang patut Anda jelajahi. Kabupaten humbang hasundutan memiliki 10 kecamantan.

Apakah ke Samosir Tarutung Dolok Sanggul atau bahkan ke daerah Karo Berastagi. Kabupaten Humbang Hasudutan adalah pemekaran dari Kabupaten Toba Samosir. Objek wisata yang satu ini masih baru saja ditemukan sehingga tak banyak yang mengetahui keberadannya Sampuren Pollung berada di desa Purba Baringin menempuh sekitar 36 km dari Dolok Sanggul.

Tempat Wisata Di Dolok Sanggul Humbang Hasundutan pertama yang bisa kamu kunjungi saat datang ke Dolok Sanggul adalah lembah Bakkara yang terletak di sepanjang pantai selatan danau Toba. Terletak di pegunungan dan diberkati dengan curah hujan yang tinggi daerah ini dingin di malam hari dan juga pada siang hari. Wisata Dolok Sanggul tak kalah menarik dibandingkan sederet kabupaten lain di luar Humbang Hasundutan yang sama-sama mengitari Geopark Kaldera Toba.

Lembah Bakara

Lembah Bakara ini merupakan lokasi kelahiran Raja Sisingamangaraja I – Raja Sisingamangaraja XII. Panorama alam yang sangat indah dengan latar Danau Toba dan Perkampungan Bakara. Menurut para ahli geologi, Lembaha Bakara ini adalah miniatur geopark Kaldera Toba. Hal itu dilatarbelakangi ditemukannya unsur-unsur geopark di wilayah Lembah Bakara ini.

  • Potensi Geodiversity : terdapat bebatuan hasil letusan Supervolcano Toba sekitar 74.000 tahun yang lalu, seperti bebatuan di sebagian lereng bukit Lembah Bakara. Terdapat juga bebatuan Metasedimen yang merupakan bebatuan dasar yang terjadi akibat letusan Supervolcano Toba sekitar 200.000 tahun yang lalu di sekitaran perbukitan Desa Siunong-Unong Julu.
  • Potensi Biodiversity : terdapat pertanaman organik seperti bawang merah, padi, mangga dan sebagainya. Terdapat juga potensi fauna seperti jenis-jenis ikan: ihan Batak, pora-pora, Mujahir, Ikan mas, dll.
  • Potensi Culturediversity : Terdapat berbagai situs sejarah dan budaya Raja Sisingamangaraja, kearifan Lokal, seperti marsirimpa Sihali Aek.
  • Hal tersebut menjadikan kawasan lembah Bakara dijuluki Miniatur Geopark Kaldera Toba.

MARKAS PERTAHANAN RAJA SISINGAMANGARAJA XII

Raja Sisingamangaraja XII bersama pasukannya membangun markas pertahanan di Pearaja, Kecamatan Parlilitan pada tahun 1885. Di lokasi ini, Raja Sisingamangaraja XII merancang strategi perang gerilyanya. Setelah beliau gugur pada tahun 1907, pasukan Belanda membakar markas ini. Konon di markas inilah tersimpan semua barang-barang sakti dan senjata yang dipakainya untuk berperang. Di lokasi ini terdapat sebuah tugu yang merupakan monumen perjuangan Raja Sisigamangaraja XII, pos penjagaan, dua buah bangunan rumah adat, peta lokasi dan meriam sisa pertempuran melawan Belanda dan sebuah mata air bernama Pea Aek Tugal.

PANORAMA INDAH SILEME-LEME

Panorama Sileme-Leme adalah destinasi wisata yang baru dirintis di Kabupaten Humbang Hasundutan, tepatnya di Huta Sileme-Leme, Desa Parsingguran 2, Kecamatan Pollung. Panorama Alam yang Indah dengan background Danau Toba serta dikelilingi hamparan kebun. Panorama alam ini sangat layak dijadikan sebagai tempat rekreasi, berkemah, spot selfie, dll. Jarak dari Kota Doloksanggul ke lokasi wisata ini adalah sekitar 24 km dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda empat sekitar 45-60 menit.

AEK SIPANGOLU

Aek Sipangolu terjadi saat Raja Sisingamangaraja beristirahat karena gajahnya kehausan. Maka Raja Sisingamangaraja Martonggo (berdoa) kepada Mulajadi Nabolon (Tuhan Yang Maha Esa) dan atas petunjukNYA, beliau menancapkan tongkatnya ke batu lalu muncullah mata air.

Aek Sipangolu berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit sehingga dinamakan Aek Sipangolu, yang berarti “Air Kehidupan” dan banyak dikunjungi orang. Berada di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja.

AIR TERJUN JANJI

Air terjun ini berada di Desa Marbun, Kecamatan Baktiraja, tepat di pinggiran Danau Toba. Air jernih yang keluar dari bebukitan tinggi ini sangat sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya saat pekan atau hari libur. Di lokasi ini wisatawan menikmati percikan segar hempasan jatuhan air yang menerpa bebatuan. Tidak lengkap rasanya bila tidak mandi di aliran air terjun ini. Air segar dari pancuran memanjakan diri setiap pengunjung.

GEOSITE SIPINSUR

Objek wisata alam berupa panorama alam yang sangat menawan untuk tempat rekreasi, perkemahan (camping ground), permainan anak-anak, Permainan Outbound dan wisata rohani (retreat). Dari lokasi ini kita dapat menikmati keindahan Danau Toba di beberapa Kabupaten di Kawasan danau Toba. Di lokasi ini terdapat openstage sebagai sarana untuk pentas seni budaya dan pertemuan lainnya. Terdapat juga Restoran Sipinsur dengan sajian yang mantap sebagai amenitas kepariwisataan di lokasi Sipinsur. Pada Tahun 2018 juara I pada Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2018 Kategori Dataran Tinggi Terpopuler. Sipinsur merupakan salah satu Geosite Geopark Kaldera Toba Di Kabupaten Humbang Hasundutan. Objek Wisata Sipinsur merupakan hasil endapan debu produk letusan Gunung Toba 74.000 tahun yang lalu dan membentuk plateu dataran tinggi sampai kaldera rim Sipinsur.

ISTANA RAJA SISINGAMANGARAJA

Dinasti Sisingamangaraja berdiri di Bakara ± 1530 – 1907 dipimpin oleh Raja Sisingamangraja I – XII. Kerajaan turun-temurun tersebut mempunyai istana di Bakara. Di dalam Istana terdapat: Makam Raja Sisingamangaraja X, Makam Raja Sisingamangaraja XI , Ruma Bolon, Ruma Parsaktian, Sopo Bolon, Bale Pasogit, Batu Siungkapungkapon.

Istana Raja Sisingamangaraja dibakar oleh pasukan Tuanku Rao tahun 1825 dan pasukan Belanda tahun 1878, dan dibangun kembali oleh pemerintah dan masyarakat sejak tahun 1978. Berada di Lumban Raja, Desa Simamora, Kecamatan Baktiraja.

TOMBAK SULU-SULU

Tombak Sulu-Sulu berada di Desa Marbun Tonga Marbun Dolok, Kecamatan Baktiraja, sekitar 15 Km dari Kota Doloksanggul, dengan luas sekitar 1 ha. Berada pada titik koordinat N 2.308166, E 98.806107. Batas sebelah timur lokasi ini adalah Sungai Aek Silang, sebelah barat lahan persawahan, sebelah selatan jalan raya, sebelah utara dengan lahan persawahan. Kawasan ini ditumbuhi pepohonan lebat dan batuan-batuan besar berumur tua. Masyarakat sekitar menyebut bahwa pohon yang ada disana bernama Pohon Sanghamadeha, yakni pohon sakral yang sangat jarang dijumpai. Menurut para ahli geologi, batuan-batuan yang terdapat disana sudah berumur ratusan juta tahun dan merupakan batuan dasar Supervolcano Toba yang sudah sangat langka didapat. Disana terdapat sebuah shelter (pintu masuk) untuk tempat beristirahat dan memandang panorama alam. Shelter ini juga berfungsi sebagai tempat untuk menyambut tamu sekaligus untuk memberikan arahan dan gambaran mengenai lokasi Tombak Sulu-Sulu oleh pemandu/petugas. Sebelum memasuki lokasi ini, pemandu/petugas menyarankan agar pengunjung untuk melepas alas kaki dan tetap menjaga tata krama karena lokasi ini diyakini sangat sakral. Diperkirakan usia dari Tombak Sulu-Sulu ini sekitar 500 tahun. Lokasi ini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan dan lokasi ini adalah milik warga sekitar.

Tombak Sulu-sulu diyakini sebagai tempat kelahiran Raja Sisingamangaraja I. Di tempat inilah istri Raja Bona Ni Onan Sinambela yaitu Boru Pasaribu, menerima Wahyu dari Mulajadi Nabolon (Tuhan Yang Maha Kuasa) bahwa dia akan melahirkan seorang anak yang sakti dan kelak akan menjadi Raja. Ketika anak itu lahir, bumi bergetar sehingga diberi nama Raja Manghuntal. Raja Manghuntal kemudian dinobatkan menjadi Raja Sisingamangaraja I.

Wisata Dolok Sanggul – PANORAMA ALAM GONTING

Gonting merupakan tempat yang berbatasan dengan Kabupaten Samosir, berada di ketinggian bukit dengan panorama sangat indah kearah Dana Toba yang terhampar sangat luas dengan latar belakang pulau Samosir. Lembah Tipang dengan persawahannya yang luas sangat indah dipandang dari tempat ini. Terdapat beberapa kedai kopi dan joglo untuk beristrahat sambil menikmati keindahaan panorama gonting

Hotel Di Dolok Sanggul

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
×

Hello!

Selamat datang di website www.enjoy-indonesia.com, ada yang bisa kami bantu?

× Hi, ada yang bisa kami bantu?
%d blogger menyukai ini: