Destinasi Wisata Bakara

1 Comment
Destinasi Wisata Bakara

Destinasi Wisata Bakara – Berada di kawasan geosite, Lembah Bakara memiliki kriteria-kriteria tertentu yang menjadikannya sebagai Daerah Tujuan Wisata (DTW) jempolan di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Pesonanya yang memukau, membuatnya sudah sering dikunjungi oleh petinggi-petinggi negara seperti menteri, bahkan sampai presiden. Sampai saat ini, Lembah Bakara sedang dibenahi untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas penunjang pariwisata. (sumber : ninna.id)

Baca Juga : Senior Bakara Hotel

Salah satu fasilitas yang hampir selesai dibangun saat ini adalah dermaga atau pelabuhan di Desa Marbun Toruan yang nantinya diharapkan menjadi pintu masuk ke Lembah Bakara lewat Danau Toba.

Pada perkampungan ini pada Geosite Tipang Bakkara yang terletak di pinggir Danau Toba dimana mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani tradisional, yang menanam padi, jagung, dan lain-lain diantara bebatuan hasil letusan 74.000 tahun lalu.

Destinasi Wisata Bakara

Mata air Aek Sipangolu adalah keluar dari akifer sistem rekahan pada tufa toba terlaskan. Mitos Aek Sipangolu, “Aek Sipangolu” yang terletak di Desa Simangulampe Kecamatan Baktiraja Kabupaten Humbahas dipercaya bisa menyembuhkan beragam penyakit di antaranya penyakit kusta dan jiwa. Konon, Sisingamangaraja selalu berkunjung kerumah bibinya (namboru) di Pandumaan Baktiraja.

Dalam perjalanannya selalu menunggang kuda bernama “Gajah Putih”. Pada suatu hari, di tengah perjalanan pulang dari rumah namborunya, beliau merasa haus lalu menancapkan tongkatnya ke tanah dan keluarlah air yang disebut dengan “Aek Bibir”, disebut demikian karena Raja itu langsung minum dengan mulutnya sendiri, Lokasi itu bisa ditempuh melalui 2 jalur darat yaitu dari Muara Taput dan Doloksanggul Humbahas.

Destinasi Wisata Bakara

Jalur Dolok sanggul sudah bisa cepat dilalui karena jalan menuju lokasi sudah bagus. Mata air yang berada dipuncak bukit ini terus mengalir menjadi sebuah sungai kecil dan bermuara ke Pantai DanauToba Sebelum air kehidupan itu sampai ke Danau Toba, untuk lokasi pemandian disini dibagi tiga tingkatan, yaitu: tingkat pertama atau paling bawah adalah tempat mandi bagi orang yang berpenyakit kusta,tingkat kedua orang yang sakit jiwa sedangkan tingkat ketiga adalah tempat mandi umum.

Karena khasiat yang mampu menyembuhkan beragam penyakit “AekBibir” itu berubah nama menjadi “AekSipangolu” yang artinya Air Kehidupan. Sampai sekarang keyakinan tentang kesakralan “Aek Sipangolu” itu masih tetap dipertahankan bahkan banyak orang yang berniat untuk menggapai cita-cita mendatangi ketempat ini.

Destinasi Wisata Bakara

Batu siungkap-ungkapon terdapat di desa Bakkara dan Tipang di Kabupaten Humbang Hasundutan. Bagi masyarakat di kedua desa tersebut, batu siungkap ungkapon ini dipercaya sebagai tempat dilakukannya ritual yang berkaitan dengan budaya pertanian khusunya dalam bertanam padi. Batu ini dapat dijadikan refrensi untuk jenis tumbuhan padi yang akan ditanam pada musim berikutnya. Lokasi ini terdapat di area Geosite Bakara Tipang.

Baca Juga : Objek Wisata Dolok Sanggul

Pada Geosite ini terdapat Istana Sisingamangaraja, yang merupakan Salah satu pahlawan yang turut serta berjuang melawan penjajah Belanda di tanah Batak yaitu Raja Sisingamangaraja XII. Menurut catatan sejarah, kekuatan gaib yang dimilikinya memampukan dirinya memimpin pasukan dalam situasi penting, contohnya saat mereka kehausan, beliau menancapkan tongkatnya untuk meminta air walau dimanapun mereka berada. Beliau gugur sebagai pahlawan nasional pada tahun 1907, dimakamkan di Pagar Batu Sopo Surung Balige.

Aek Sipangolu

Aek Sipangolu, Aek dalam bahasa lokal artinya air, sementara Sipangolu berarti pemberi kehidupan/menghidupan kembali. Aek Sipangolu dijadikan sebagai objek wisata air dan wisata spritual. Masyarakat setempat mempercayai berdoa sebelum meminum dan mandi di Aek Sipangolu dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan menghilangkan masalah. Sarana dan prasarana cukup memadai, selain menikmati keindahan wisata alam, dapat pula berwisata sejarah sebab di Aek Sipangolu terdapat situs sejarah Sisingamangaraja XII. Aek Sipangolu berada di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Air Terjun Janji

Pesona wisata Danau Toba di Humbang Hasundutan semakin lengkap karena keberadaan Air Terjun Binanga Janji di Bakti Raja. Memiliki ketinggian sekitar 30 meter, Air Terjun Binanga Janji dipercaya sebagai tempat para raja-raja Batak berikrar atau berjanji dalam hal kesetiaan semasa perang. Sarana dan prasarana cukup memadai, berjarak sekitar 22 km dari Kota Dolok Sanggul, Air Terjun Binanga Janji ramai dikunjungi oleh wisatawan baik di hari libur maupun hari biasa.

Aek Sitio Tio

Menurut warga sekitar, tempat ini merupakan tempat peristirahatan tentara Belanda pada era kolonialisme. Setelah Belanda angkat kaki dari tanah air, tempat ini semakin ramai dikunjungi. Kalau bro dan sistata turun dari Dolok Sanggul, maka obyek wisata inilah yang ditemukan lebih dulu. Bro dan sista bisa menikmati kesegaran luar biasa di pemandian alami yang bersumber dari mata air jernih.

Tidak perlu khawatir mengenai kenyamanan, karena tempat mandi laki-laki dan perempuan dibuat terpisah. Oh iya, kalau ingin memanjakan lidah, di dekat pemandian ini terdapat warung Pak Purba yang menjual mie gomak serta kopi lintong yang terkenal itu. Pemandian ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Istana Sisingamangaraja XI

Sebagai kampung halaman Sang Raja, tentu bro dan sista bisa pelesiran sejenak di Desa Lumbanraja. Hanya berjarak sekitar 200 meter dari pemandian Aek Sitio-tio. Di sini, bro dan sista akan menemukan Sogit (lokasi perkampungan), Jabu parsaktian (rumah kumpul keluarga), dan Jabu bolon (rumah khas Batak) yang berhubungan dengan Sisingamangaraja XI.

Berbagai peninggalan bersejarah yang terdapat di sini merupakan objek foto yang menarik serta bernilai sejarah tinggi. Di dalam kawasan ini terdapat toilet dan warung yang menyediakan aneka makanan maupun minuman ringan. Lokasi ini lebih ramai dari pemandian Aek Sitio-tio karena hampir setiap hari datang pengunjung, baik peziarah maupun yang sekedar tamasya. Untuk peziarah, pengelola kawasan istana ini menyediakan Ulos.

Tipang

Tipang Mas merupakan objek wisata yang paling diminati di Desa Tipang, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan karena menyimpan banyak sejarah. Tipang Mas memiliki panorama alam indah dengan air Danau Toba yang terlihat biru. Konon asal usul dari marga Sihombing dan Simamora berasal dari kawasan ini. Jadi paham sejarah kan?

Destinasi Wisata Bakara – Air Terjun Pollung

Objek wisata Air Terjun Sampuren Pollung belum banyak diketahui orang karena baru saja ditemukan. Berada di Desa Purba Baringin, sekitar 36 km dari Dolok Sanggul. Keindahan Air Terjun Sampuren Pollung terletak pada air terjunnya yang memiliki ketinggian mencapai 65 meter dan sungguh menakjubkan. Kekaguman semakin bertambah karena keberadaan pasir putih di sisi sungai yang menyerupai pantai sehingga kerap juga disebut sungai berpantai. Fasilitas dan aksesibilitas menuju objek wisata Air Terjun Sampuren Pollung terus dikembangkan agar semakin menarik minat para wisatawan.

Danau Tao Silosung

Ada danau di dalam danau? Keajaiban alam ini terdapat di perut Danau Toba. Tao dalam bahasa Batak berarti Danau. Agar semakin jelas mengenal objek wisata yang satu ini maka diberi nama Danau Tao Silosung. Losung adalah wadah tempat menumbuk padi. Berkaitan dengan namanya, menurut legenda, danau terbentuk karena perkelahian dua orang bersaudara di masa lampau. Tao Silosung berada di Desa Sinambela Kecamatan Bakti Raja. Menempuh jarak sekitar 24 km dari Dolok Sanggul. Di lokasi ini dipersilahkan berkegiatan memancing, berenang atau sekedar menikmati pemandangan hanya dengan syarat selalu menjaga kebersihan kawasan dari sampah.

Destinasi Wisata Bakara – Pulau Simamora

Ada pulau selain Pulau Samosir di Danau Toba, namanya Pulau Simamora. Orang Batak yang bermarga Simamora harus berbangga hati karena nama pulaunya sama seperti nama marganya. Terletak di kawasan Danau Toba dan masuk ke dalam wilayah Kabupaten Humbahas. Meski tidak terlalu luas, namun bentuknya yang berupa gundukan hijau terlihat begitu indah. Gunakan perahu untuk tiba di pulau. Pulau Simamora memang dikaitkan dengan tipang sejarah marga Simamora. Pulau yang tidak terlalu jauh dari Bakara ini sangat potensial sebagai daerah tujuan wisata.

Baca Juga : Tuan Nagani Paradise

Ada beberapa kuliner unik dan jarang ditemui di daerah lain di Bakara, Humbang Hasundutan, diantaranya seperti Rendang Kuda dan olahan Susu Kerbau. Tertarik berwisata ke Humbang Hasundutan? Ke Humbang Hasundutan dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi darat dari Bandar Udara Internasional Kuala Namu, Deli Serdang atau melalui Bandar Udara Internasional Silangit, Siborong-borong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara

One Response to “Destinasi Wisata Bakara”

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
×

Hello!

Selamat datang di website www.enjoy-indonesia.com, ada yang bisa kami bantu?

× Hi, ada yang bisa kami bantu?
%d blogger menyukai ini: